Jumat, 23 Desember 2011

Serupa namun tak sama

                       Korea adalah salah satu negara di Asia Timur, Korea terbagi kedalam dua bagian yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Mereka memiliki luas wilayah yang sama namun memiliki bentang alam yang berbeda dan memiliki cara pandang yang berbeda juga, bila kita mencari informasi mengenai dua negara ini maka akan nampak perbedaan yang mencolak, bila kita ketikan kata kunci korea selatan maka informasi yang didapat sangat banyak dan bervariasi namun bila kita ketikan nama korea utara di mesin pencari maka informasi yang tersedia sangat terbatas dan tidak up to date.
                       Korea Selatan beribu kota di Seoul, menganut sistem pemerintahan republik, dalam sistem pemerintahannya sama seperti disini terdapat lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif namun di korea selatan ini presiden hanya bertindak sebagai kepala negara sedangkan untuk kepala pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri yang ditunjuk presiden dengan persetujuan dewan perwakilan. Keadaan sosial,budaya, ekonomi,ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat mengikuti zaman. Korea Selatan menjalin banyak kerja sama dengan negara-negara didunia termasuk Indonesia baik di bidang ekonomi, sosial-budaya serta politik. Selain itu artis-artis korea selatan sangat terkenal di beberapa negara atau mungkin di dunia oleh karena itu ada sebutan "Hallyu Wave".
                       Berbeda dengan korea Selatan, Korea Utara bisa dibilang negara yang misterius tidak banyak informasi mengenai negara ini. Korea Utara beribu kota di pyongyang, negara ini dibawah pimpinan partai buruh korea yang merupakan satu-satunya partai yang ada. Juche adalah ideologi resmi yang di anut dalam sistem pemerintahan negara ini yang juga digagas oleh Kim Ill-sung sejak 1955 ketika negara ini mengadopsi konstitusi negara baru pada 1972. Sebagai negara yang menganut sistem pemerintahan Republik-sosialis menjadikan korea Utara dipandang sebagai negara kediktatoran totaliter stalinis. Pemimpin negara dijalankan seperti sistem kerajaan yanitu turun temurun. Untuk kerja sama dibidang ekonomi, politik,sosial-budaya, hukum, keamananan,ilmu pengetahuan dan teknologi korea utara hanya menjalin kerja sama dengan negara yang sama-sama menganut paham komunis. Baru-baru ini presiden korea utara Kim Jong- Ill wafat dan tersiar kabar bahwa yang berpeluang besar akan meneruskan sebagai pimpinan utama Korea Utara adalah anaknya yang bernama Kim Jong-Un.
                          Kadang terfikir, bila berwisata ke Korea Selatan kita bisa masuk ke negara itu dan mendapatkan kenyamanan serta bisa kembali pulang ke negara asal namun untuk bisa masuk, mendapatkan kenyamanan dan bisa kembali pulang dari Korea Utara sangat mustahil untuk dilakukan mengingat negara ini menutup diri dari dunia luar. Akankah Korea Selatan dan Korea Utara kembali bersatu seperti ketika zaman tiga kerajaan yaitu Goguryeo, Silla dan Baekje ?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 cheers up !